Tuesday, July 11, 2006

Mungkinkah Indie Games Developer bikin games untuk console ?

It is fun making games rather than playing games, selama 2 tahun ini MAX telah membuat games untuk PDA, Ponsel dan PC. Memang ada keinginan untuk membuat games di console seperti PS3, nintento, Gameboy ataupun Nintendo. Pernah kirim mail ke beberapa manufacture tersebut tapi dicuek'in nggak pernah dibales. bahkan Sonny pun tegas2 kirim mail balik bahwa hanya serious developer yang boleh bikin games diplatformnya. hanya developer kelas atas yang dapat izin (It was happening in around 2004) hahaha.....gimana ya ...Indie Game Developer belum dianggap.

Nah ternyata sekarang kelihatannya ada celah opportunities untuk indie developer agar bisa buat games di console. Baca blog milik seseorang (Jeff Tunnell) dari garagegames (indie game developer yang membuat games Marble Ultra Blast). judulnya beberapa alasan kenapa meluncurkan game Marble Blast Ultra di console XBox360 adalah hal yang penting buat Indie Game Developer.

alasan pertama:
sejak awal tahun 2006 ini, Console dibuka untuk Indie. Akhirnya para game developer indie mendapatkan akses ke platform consule dan terbuka kesempatan bahwa gamesnya bisa dimainkan oleh jutaan orang didunia. Adalah program XBox Live Arcade yang memungkinkan hal ini.

alasan kedua:
kesuksesan XBox Live Arcade memaksa Sony untuk menambah saluran download-nya. Apabila Sonny dan Nintendo menambah saluran downloadnya, adalah keuntungan buat para indie games developer untuk memasarkan games-nya.

alasan ketiga:
Eksperimental business model. XBox Live Arcade back end memungkinan pemain untuk mencoba dulu games yang dibuat oleh developer, memberikan games secara gratis untuk pemain, mengenakan biaya untuk item tertentu yang digunakan oleh pemain, mendownload update/patch program untuk pemain dan masih nanyak hal yang menarik dari features back end ini untuk dikembangkan dimasa depan

alasan keempat:
Console development technologies tersedia dengan biaya relatif terjangkau untuk indie game developer. ada teknologi yang memungkinkan membuat coding untuk XBox 360 tanpa harus memiliki development kit.

alasan kelima:
Membuktikan bahwa small companies dapat mencetak hit. Seperti yang Jeff Tunnell said:
I would like to say that anybody can make a successful title for this channel, but it will take a lot of dedication, talent, and perseverance. It probably won’t be your first game.

alasan terakhir paling penting:
Downloadable Console Games Can Make Money. Keberhasilan garagegames dalam meluncurkan games MBU (marble blasts ultra) untuk console XBox360 mungkin bisa jadi sumber inspirasi indie game developer lain. entah benar atau tidak, Jeff klaim:"MBU is selling!! Without breaking any NDA’s we can tell you that MBU is selling faster than any product that I have created in my career. By just keeping one of the lowest “high scores” on a level that is not included in the demo, we can tell that at least 20,000 MBU’s have sold in less than four days"


How about us ? how about Max ? let's make it friends!

Source: http://makeitbigingames.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home