Monday, July 17, 2006

Dari native ke managed code

Dari native ke managed code

GarageGames, perusahaan yang bikin torque game engine berencana akan melakukan porting game engine-nya ke managed code dengan platform XNA Framework. berita bisa dilihat disini


GarageGames, in collaboration with the Microsoft XNA group, recently ported its full-featured game engine to managed code for Windows XP, Windows Vista, and Xbox 360….. successfully porting a complex suite of game technologies from C++ to C#, .NET, and the XNA Framework


Sekarang, sudah memungkinkan untuk bikin games cross platform (PC dan console Xbox 360) dengan teknologi terbaru Microsoft yaitu XNA Framework. Apa itu XNA ? Microsoft XNA didesain untuk membantu game developer dan publisher menghasilkan games yang lebih berkualitas, memotong time development dan cost development. Kebutuhan untuk menghasilkan content high definition dan lebih banyaknya gamer terlibat dalam permainan online lintas platform membuat Microsoft merelease XNA.


adalah XNA Studio yaitu IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan (dibundle) bersama VSTS 2005 (Visual Studio 2005 Team Fundation Server).


Ada XNA Build yang berfungsi sebagai game asset pipeline management tools. Membantu mendefinisikan, maintain, debugging dan optimizing game asset pipeline dari game development. Game Asset Pipeline itu adalah proses (mendefinisikan, menampilkan ke layar, menganimasikan, memodifikasi) dari suatu game content, maksudnya proses mengatur bentuk model3d, tekstur, rendering, merubah object model3d sesuai dengan perintah game engine. Kebayang kan kalau bikin games ada banyak gambar grafis baik 2d dan 3d, sound/audio dan gambar yang terdiri dari banyak frames. Nah kurang lebih diperlukan game asset management pipeline untuk atur semua ini.


XNA build bisa didownload disini


oke sekarang balik ke tema native dan managed code. managed code adalah instruksi program yang pada saat run time akan dieksekusi kepada suatu platform (seperti halnya dengan .Net framework), XNA framework ini running on console xbox 360 dan windows XP / Vista (harus pake .Net Framework 2.0)


Language umum yang digunakan dalam XNA framework adalah C# (secara teori sih harusnya bisa pakai VB atau cobol ya buat bikin games di xna framework ini).


Bagi yang familiar dengan managed directX , ada beberapa perubahan yang akan ditemukan di XNA framework ini

1. Tidak ada lagi D3DX di dalam XNA. fungsi2 yang ada di D3DX telah diintegrasikan kedalam beberapa API di dalam XNA

2. DirectSound digantikan dengan managed version of XACT (Microsoft Cross-Platform Audio Creation Tool)

3. DirectInput digantikan dengan managed version of XInput.


Sperti yang sudah dibahas diatas, pembuat torgue game engine, garagegames ternyata juga punya niat untuk memporting game engine-nya ke dalam platform XNA ini. Dengan adanya XNA ini, kemungkinan besar content games XBOX 360 akan bertambah drastis dan akhirnya akan ada banyak pemain / indie games developer yang membuat games untuk platform console xbox 360. Apakah cara ini akan memenangkan persaingan xbox 360 terhadap Sony PS3 dan Nintento Wii ?


1 Comments:

At Thu Aug 07, 12:53:00 PM 2008, Blogger Yadi wrote :

gimana ya supaya blog kita terdaftar di search engine khususnya yahoo dan google?? gua pake blog nich baru belajar..

anita/Kaltim
www.komic.tk
www.hardisk.tk
www.lucu.tk

 

Post a Comment

<< Home