Tuesday, April 04, 2006

berbicara tentang positioning

kemarin, waktu lagi antri di dokter, gw mikirin mengenai what kind of strategy yang bisa diimplementasikan buat MAX..untuk menghasilkan long term revenue. Sambil baca2 bukunya kotler...gw coba flash back mengenai awal mula berdirinya MAX....dulu..2 anggota pertama MAX adalah Ricky dan Cin...., mereka berdua berniat bikin games untuk pocket pc yang dikasih nama burning armor. dari gambar2 pesawat dan robot buatannya MAX, kelihatan ciri2 animasi dan character gundam robot jepang..., setelah games Burning Armor release di bulan desember 2004, mungkin banyak orang kira itu games buatan jepang...., mungkin nggak ya kalau character / ciri modelling 3d itu dijadikan positioning game2 buatan MAX?...., setelah burning armor direlease, 2 bulan berikutnya muncul game BuruBuru untuk platform pocketPC juga.., tapi kali ini character yang digunakan bukan bercirikan robot gundam melainkan charater binatang2 seperti babi, tikus dan sebagainya. Game buruburu ini ditujukan untuk gamer perempuan, jadi kesan feminisnya kuat sekali. Lalu gimana positioningnya MAX kalau character yang digunakan untuk gamenya berubah dari style gundam ke style feminis...?. Seteleh itu, muncul lagi game2 dan project lainnya antara lain tawaran bikin mobile content application untuk Nokia 6111. nah, dari bikin game sekarang kita beralih bikin aplikasi untuk ponsel, lalu positioningnya berubah lagi dong dari bermain di dibikin game di Pocket PC berubah menjadi bikin2 aplikasi untuk ponsel.

selepas project dari Nokia, kita dapat tawaran lagi untuk bikin game untuk IndosatM2 yang diperlukan untuk kegiatan marketing/promo product dial-up dan hotspot Internet service mereka. lagi-lagi positioningnya berubah menjadi advergaming provider yaitu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan game untuk keperluan advertising/marketing. Disaat bersamaan itu kita juga dapat projek bikin official games untuk film Ekspedisi Madewa. nah sekarang gw berpikir mengenai positioning sebagai bagian dari strategi manajemen. haruskah dari awal, MAX membuat positioning yang jelas?, kita dulu pernah sepakat ketika meeting, bahwa saat ini sebaiknya hajar aja dulu kemungkinan yang ada, dari segala kemungkinan yang ada itu nanti dilihat, mana yang lebih memberikan profit/revenue yang menguntungkan, itulah yang akan dipilih sebagai our core business kita.....

setelah beberapa bulan dari kesepakatan itu, sekarang gw merasa bahwa ada 2 sumber potential yang bisa menjadi core business yaitu

1. advergaming : menjadi perusahaan penyedia jasa promo/marketing dengan games application sebagai tools/media-nya. posisi MAX disini seperty advertising/marketing agency yang menggagas konsep2 advertising/marketing. Beda dengan marketing agency adalah kalau mereka menggunakan media majalah, radio, TV Commercial dan sruatr khabar, disini MAX menggunakan media Games PC, online Games, CellPhones Games dan berbagai variannya.

2. mobile content developer: menjadi perusahaan yang berfokus pada penyediaan aplikasi content untuk handset manufactures ataupun content provider. Ggw yakin sekali bahwa indonesia kekurangan content lokal baik games ataupun aplikasi. Tapi dari sisi businessnya, gw masih meragukan revenuenya apakah hanya bisa sekedar menutupi operational cost atau masih bisa berkembang lebih jauh lagi...

2 alternatif strategi lain yaitu

1. Make and Sell..strategi yang dulu pernah kita gunakan yaitu bikin game a'la mass product juga masih dilakukan sampai sekarang. saat ini kita juga lagi develop burning armor code E. bedanya kali ini kita berusaha bikin di banyak platform antara lain pocketpc, smartphones, cell-phones dan PC. khusus di versi PC, kita mau sebarkan gratis asalkan ada sponsor yang bersedia backup development costnya, kompensasinya kita sediakan ruangan untuk memperkenalkan brand/product sponsor pada game yang kita buat.

2. Partnership project. Kalau ini strategi bikin game sama beberapa pihak, dimana masing2 sementara menanggung development cost. Profit nantinya diharapkan datang dari sponsor dan end user. skema bisnis model seperti ini juga lagi kita godok konsep. Sampai sekarang kami terbuka untuk menerima bantuan partisipasi dari berbagai pihak untuk ikut kerja sama dan mencari profit/revenue bersama.

Diluar itu, sebenarnya kita masih punya suatu idealisme untuk membuat MMORPG online games dan film animasi, tapi menurut gw, tahap membuat masterpiece ini membutuhkan modal besar baik SDM maupun costnya.., belum bisa diwujudkan apabila persediaan amunisi SDM dan budget masih kecil..., but someday, somehow..we can do that...

kembali ke masalah positioning...., kalau kata para pakar, positioning itu mutlak diperlukan agar ktia sendiri tahu what business we are in...dan bisa straight to focus, jangan sampai nanti akibat positioning berubah-ubah malah terjebak ke style mee-too, yaitu strategy ikut2an...pemain lain...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home