Tuesday, April 25, 2006

Indonesian Game Style <> MAX Style ?

Sekarang aku mau tanya nih ... game2 style Indonesia itu seperti apa sih benernya ? apa sudah ada platform atau style gambar atau gimana deh yang sampe bisa bikin orang bilang "Nah .. ini game buatan Indonesia ..".

Ceritanya begini ..
tadi kita ada presentasi di Departemen Komunikasi dan Informasi dan bertemu langsung dengan beberapa kabinet atau whatever bilangnya gimana deh .. yang pasti ada Pak Cahyana sebagai Dirjen nya. Ketika dia melihat style2 game dan design yang kita buat untuk game Burning Armor dan kawan-kawannya .. langsung semua pada ngeklaim kalo game2 tersebut bukan buatan Indonesia.. alias tidak percaya kalo yang bikin itu kita.

Well ... buatku sendiri ... bisa menjadi pujian dan bangga karena dianggap game luar negeri yang notabene keren dkk ... bisa juga kita merasa seperti penipu yang membeli game luar dan menjualnya di dalam negeri ...

Sekarang bicara mengenai design dan konsep .. konsep game yang bagaimana yang bisa diartikan itu milik bangsa mana ? memang jaman sekarang game lebih banyak diproduksi oleh Jepang .. dan kedua baru dari Amerika ... game2 dari China dan Korea itu biasanya mengadaptasi Jepang. Game2 China sendiri kita tidak tahu .. atau jarang tahu karena game2 tersebut hanya dipublish di China .. (kalo mau nyari paling deket musti ke Singapore atau Thailand baru dapet).

Design gue sendiri .. terus terang memang lebih ke arah Asia daripada Amrik... (lha wong kita orang Asia juga gitu lho). Bikin karakter orang .. dibilang mirip komik Hongkong ... bikin mecha ama pesawat .. dibilang style Jepang (emang sih .. ngga suka banget mecha Amrik .. kurang keren .. dan ngga ganteng gitu lho). Terus kalo dipikir2 .. adakah style mecha Indonesia ? apakah MURI sudah memberi gelar MECHA PERTAMA INDONESIA jadi kita bisa jadikan sebagai contoh atau panutan ??? (ntar dibilang nyontek lagi .. pusing ngga sih)
Bahkan kalo dibilang karakter2 orang buatan Indo yang selama ini ada .. juga masih terbagi beberapa bagian .. Amerika .. HK ... dan Jepang .. nah lho ...

Terus .. desain2 rumah dan bangunan di Indo ... nyontek siapa sih benernya ? kok masih dipake juga ? muheuhuehuehuehuehuhu

"Dasar Indonesia ... bisanya cuma ngomong ... protes2 ... bakar2 ... naik gaji .. tanya kenapa ??" - Kukuh T.W.

7 Comments:

At Tue Apr 25, 09:39:00 PM 2006, Anonymous Anonymous wrote :

Quote:
"Dasar Indonesia ... bisanya cuma ngomong ... protes2 ... bakar2 ... naik gaji .. tanya kenapa ??" - Kukuh T.W.

=====================================
loh loh?? bukannya itu urusan anak buah lo semua kuh? :P

 
At Wed Apr 26, 09:14:00 AM 2006, Anonymous Anonymous wrote :

abis liat game nya,trus mrk ga percaya trs gimana? apa mrk akhirnya percaya? apa musti tunjukin ke mrk file2 mentahnya juga? -_-" ditanya kenafa kuh?

 
At Wed Apr 26, 11:37:00 AM 2006, Anonymous Anonymous wrote :

sebenarnya memang bukan bikinan indonesia karena cin itu 40%jepang, 60% semarang, Alex masih ada keturunan arab-afrika-amerika, eric keturunan jepang-mongolia, ricky campuran cina,korea,jepang dan kalimantan, kukuh keturunan yahudi-iran-arab-prancis-jawa

 
At Sat Apr 29, 12:47:00 AM 2006, Blogger .:NiaSleborCrew:. wrote :

weleh..Indonesia kan selalu seperti itu.....punya buatan sendiri tetep menjudge n menjelekkan..tapi kalo produk luar pasti dipuja setinggi langit. Contoh lain si C. bautista...sebenernya kualitas biasa aja sama Glenn Fredly aja lewat..tapi karena dia produk luar negeri..yah disenengin. ntar kalo ada penyanyi mellow pasti jg diblg niruin si Christian. Indonesia peoples cant be supportive to their own product.

Ehm..mungkin supaya org2 ngeh kalo iut produk indonesia..buat aja lakonnya gatot kaca kali ya?

 
At Tue May 02, 09:18:00 PM 2006, Blogger Cin wrote :

Gatotkaca juga sama aja itu dari India ..anaknya Bima ...

 
At Wed May 03, 11:30:00 PM 2006, Blogger Kukuh TW wrote :

gatot kaca punya hubungan nggak sama semar petruk gareng ?

 
At Fri May 05, 03:31:00 AM 2006, Blogger .:NiaSleborCrew:. wrote :

lah kalo gatut kaca juga produl luar ya udha gimana kalo lakonnya tesy atau mungkin aming ?

 

Post a Comment

<< Home