Friday, June 02, 2006

Meraih jumlah penjualan dan pelanggan melalui media aplikasi games

Suatu perusahaan consumer goods ataupun services biasanya menggunakan
media televisi, surat kabar, radio ataupun media non konvensional lainnya
untuk memperoleh brand awareness dari pelanggan. Sejalan perkembangan
internet dan teknologi informasi, dilingkup global muncul suatu trend
advergaming yaitu memanfaatkan media games sebagai sarana product
placement. Media ini dipilih karena melihat target market yang diincar
oleh industri bisnis biasanya lebih intens menghabiskan waktunya di
computer,internet, telpon selular atapun mobile devices.

Memanfaatkan media games sebagai media advertising dinilai sebagai suatu
pilihan alternative yang baik mengingat

1. Pesan komersial yang disampaikan relative lebih dapat diterima oleh
audience ketimbang memaksa audience untuk melihat atau mendengarkan
tayangan spot iklan beberapa detik

2. Strategi product placement yang tepat pada content games akan melekat
baik pada benak audience/gamer mengenai brand product tersebut.

3. Bersifat interaktif dimana pesan komersil yang disampaikan dapat
memberikan informasi/pendidikan/hiburan kepada audience/pemain.

4. Games yang baik, menyenangkan akan membuat audience/pemain
merekomendasikan games tersebut kepada teman-temannya / peer group. Akan
berlaku efek viral yang menguntungkan bagi product/brand tersebut

5. Content pada games dapat diintegrasikan dengan undian promosi berhadiah
yang akan menarik lebih banyak audience.

Beberapa platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah

1. Personal Computer berupa aplikasi games pada PC. Games ini dijalankan
pada personal computer . Audience/Pemain hanya perlu install games ini dan
selanjutnya bisa dimainkan kapan saja. Dari penduduk Indonesia sebanyak
220 juta diperkirakan terdapat 10% jumlah computer yang telah dimiliki
masyarakat Indonesia. Berbeda dengan TV ataupun radio dimana ada batasan
durasi waktu, pada media PC, durasi waktu penayangan adalah tidak
terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu menghibur audience/pemain,
maka selama itulah tingkat opportunity to see akan semakin tinggi. Games
ini biasanya dibuat dengan menggunakan Language C++/C#, membutuhkan waktu 3-6
bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.

2. Web Server. Yaitu aplikasi games yang diletakkan pada internet dimana
audience/pemain hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk
mengakses games tersebut. Pilihan ini banyak digunakan karena dapat
meningkatkan traffic pada suatu website dan memerlukan waktu pengembangan
yang relative lebih singkat 1-2 bulan tergantung dengan kompleksitas games
tersebut

3. SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan pada mobile devices
bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows mobile 5.0.
Oleh karena yang menggunakan devices ini pada umumnya adalah golongan
eksekutives/pengusaha maka sebaiknya Industri bisnis yang memiliki target
market golongan seperti ini dapat memanfaatkan aplikasi games untuk
menjaring kelompok ini. Games bertemakan strategi ataupun simulasi bisnis
pada umumnya lebih disukai oleh orang-orang golongan ini. Waktu
pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan
kompleksitas games tersebut

4. CellPhones. Aplikasi games untuk cell-phones atau HP sebenarnya bisa
dimanfaatkan untuk mendapatkan potensial pelanggan dengan golongan ses A,B
karena golongan ini pada umumnyalha yang memiliki CellPhones/HP dengan
features yang canggih yang dapat memainkan aplikasi games. Waktu
pengembangan relative lebih pendek yaitu 1-3 bulan tergantung dengan
kompleksitas games tersebut.

MAX Mobile Application Xpert yang telah berpengalaman dalam membuat games
pada platform PocketPc, SmartPhones, CellPhones, Personal Computer dan Web
Based Online games telah memposisikan diri sebagai total advergaming
solutions. MAX dapat diandalkan menjadi mitra bisnis untuk membuatan
konsep games, mengembangkan games dan eksekusi ke berbagai platform
devices sesuai keinginan mitra bisnis.

Untuk meraih client MAX Mobile Application Xpert menggunakan 2 pendekatan
yaitu

1. Membuat Games sesuai dengan keinginan industri bisnis. MAX dapat
membuatkan konsep games seperti apa yang dibutuhkan oleh mitra bisnis dan
platform apa yang bisa menjangkau target market dari mitra bisnis. MAX
memiliki kemampuan menggunakan C++/C#/Java dan Flash OO Action Script.

2. Membuat Games yang dapat disponsori. Dengan jumlah personil idealis
yang sangat mecintai dunia pengembangan games , MAX selalu membuat
games-games yang diluncurkan ke pasar luar, saat ini MAX memiliki beberapa
games pada platform PC yang sedang menunggu pihak sponsorship untuk
memanfaatkaan games kami sebagai sarana product placement.

Untuk informasi lebih lanjut Hubungi +62-21-53670543 Kukuh@max-studio.net
dan Ricky@max-studio.net

Portflio MAX dapat dilihat disini
http://www.max-studio.net/MAX-Profile_20060511.zip

0 Comments:

Post a Comment

<< Home