Monday, May 21, 2007

Arsitektur Aplikasi Mobile Gaming menggunakan Nokia Scalable Network Application Package Mobile

Artikel dibawah ini akan menjelaskan arsitektur aplikasi mobile gaming multiplayer online menggunakan platform Nokia SNAP Mobile. Nokia SNAP Mobile adalah platform gaming online yang dikembangkan Nokia untuk mobile operator, developer, game publisher.

SNAP Mobile adalah solusi dari ujung ke ujung buat mobile operator , game developer dan game publisher untuk membangun aplikasi games multiplayer berbasiskan J2ME Platform. game developer nggak usah repot-repot lagi ngurusin programming network, atur session management user, authentication user pada gamenya. semuanya diatur oleh platform SNAP mobile ini. Developer hanya concern aja ke content game development. Bagi Mobile Operator, platform SNAP mobile memudahkan operator
untuk membangun komunitas , menambahkan nilai layanan kepada pelanggan.

aplikasi multiplayer mobile gaming online adalah aplikasi dimana sejumlah user dapat bermain bersama-sama dengan user lain denggan menggunakan judul games yang sama. Misalkan games bermain ular tangga dengan jumlah maksimum pemain 4 orang. User A dapat mengajak user lain untuk bermain. apabila jumlah pemain sudah mencukupi, user A dapat melakukan initiate agar game dapat dimulai. User lain yang belum menemukan pasangan bermain dapat menunggu di lobby sambil menunggu pemain lain.

Client:
Client adalah handset yang memiliki fiture MIDP 2.0 dan CLDC 1.0 (biasanya Nokia Series 60 yang mendukung handset type ini). Aplikasi pada client akan berkomunikasi pada server SNAP mobile Gateway.

SNAP Mobile Gateway:
SNAP Mobile gateway adalah server yang menghubungkan client ke layanan IMPS, SNAP Games services, Web Services dan databases. SNAP Mobile Gateway ini didesign untuk mengatasi masalah umum yang terjadi pada network seperti masalah sinyal yang sering terputus. Ketika sinyal drops, Gateway akan berusaha mempertahankan status koneksi client dengan gateway selama 90 detik dan mengizinkan permainan yang terputus untuk tersambung kembali, dan status permainan akan tetap dalam keadaan semula. IMPS (Instant Messaging and Presence Services) adalah fasilitas yang memungkinkan antar user dapat chating selama dalam mode permainan. SNAP Games Services adalah adalah layanan yang mengatur lobby dan game room management. Lihat aja gambar dibawah ini: dibawah ini adalah contoh kasus suatu games bernama JellyPop. Games ini dimainkan maksimum sebanyak 2 orang. User yang memainkan game ini secara online dapat menantang user lain untuk bermain jellyPop (Challenge Lobby). atau user dapat meminta server untuk dicarikan mitra lawan bertandingnya (QuickMatch Lobby). Game Room, adalah ruangan maya/virtual tempat user bermain.

Web Services dalan SNAP Mobile Gateway menyediakan user account, profile management, ranking engine, game asset management dan user authentication.

SNAP Mobile menggunakan protokol TCP/IP untuk berkomunikasi antara SNAP client Mobile dengan SNAP gateway.


seperti konsep web, SNAP mobile menggunakan konsep response/request paradigm. User melakukan request dan server di gateway akan melakukan response.

platform SNAP mobile masih baru, informasi lebih lanjut bisa baca-baca disini

if your works for cellular Network Operator and have a role as a manager contents or content development team, maybe we can discuss to implement this platform to your network in order to give value added services for your customers.

1 Comments:

At Mon Jul 02, 02:44:00 PM 2007, Anonymous Anonymous wrote :

mas,,minta tolong dunk masuknnya
aku mw bikin TA game J2ME,,tapi masi binun ma apa yg hrs ditonjolkan dalam TA tersebut,,
pengennya c game multiplayer gt,,cm pake apa biar bisa multiplayer? kl pake bluetooth 'katanya' uda biasa,,
so pake apah??
bales ya mas Thx

 

Post a Comment

<< Home