Sunday, April 29, 2007

Berita tentang Prestasi di bidang Science yang selalu telat

Hari ini muncul berita mengenai prestasi Tim Olimpiade Fisika Indonesia yang bertanding di Olimpiade Fisika Tingkat Asia. berita dikutip dari detikcom. Berita ini muncul pada hari minggu 29 April 2007 jam 11:20, bandingkan dengan koran kompas pagi minggu yang sudah muncul. konon berita asli prestasi ini dari shanghay muncul pada hari sabtu 28 april jam 16:00 WIB.. Berita di media lain seperti okezone, liputan6, SCTV, MetroTV, media-indonesia, indosiar BELUM ada sama sekali.

Beda halnya dengan liputan berita mengenai gosip2 artis, kriminal, isyu politik, sepakbola yang selalu uptodate dan cepat munculnya. Kenapa berita-berita yang kurang produktif bagi perkembangan produktivitas/ekonomi negara (biasanya gosip artis/kriminal/terorisme) mendapat porsi liputan yang luas, muncul berkali-kali, disajikan dalam aneka ragam perspektif ?

badingkan dengan porsi dan liputan berita mengenai prestasi di bidang science seperti ini ?

Berita lengkap (sumber detikcom) :

Jakarta - Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang berlaga Olimpiade Fisika Tingkat Asia atau Asian Physics Olympiad (APhO) VIII di, Shanghai, Cina, benar-benar bertaji. Mereka membawa pulang 2 emas, 4 perak, 4 perunggu dan 4 honorable mention ke Tanah Air.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Bambang Wasito Adi dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (29/4/2007).
"Ya selain menyabet 2 emas, TOFI juga menyabet 4 perak, 4 perunggu dan 4 honorable mention," kata Bambang.

Dua emas tersebut disabet oleh Muh Firmansyah Kasim dari SMA Islam Athirah, Makasssar dan Rudi Handoko Tanin dari SMA 1 Sutomo, Medan.

Prestasi tersebut kurang prestisius dibanding tahun lalu yang menyabet absollute winner. "Namun sekarang perolehan medali lebih merata. Dari 16 siswa, hanya 2 yang tidak mendapatkan medali," katanya.


Dalam APhO tahun ini Indonesia unggul dalam eksperimen, sedangkan untuk teori masih kalah dengan Cina yang menjadi juara umum. "Indonesia mencapai nilai tertinggi untuk bidang eksperimen dari 150 peserta dari seluruh negara Asia yang mengikuti APhO ini," ujarnya.

Berikut rincian perolehan medali TOFI dalam APhO. Tim A dipimpin oleh Yohanes Surya dan Widagdo Setiawan (alumni TOFI 2002). Sedangkan Tim B dipimpin oleh Rachmat Widodo Adi dan Sastra Kusuma Wijaya.

Adapun Tim A terdiri dari:
1. Muh Firmansyah Kasim, SMA Athirah Makasar (Medali emas)
2. Yosua Michael Maranatha, SMAN 3 Yogyakarta (Medali perunggu)
3. David Halim, SMA Xaverius Bandar Lampung (Medali perak)
4. Rudy Handoko Tanin, SMA Sutomo 1 Medan (Medali emas)
5. Adam Badra Cahaya, SMAN 1 Jember (Medali perunggu)
6. Musawwadah Muhktar, SMAN 78 DKI Jakarta (Medali perak)
7. Sandy Adhitia Ekahana, SMAK 1 Penabur Jakarta (Honorable mention)
8. Made Surya Adhiwirawan, SMAN 1 Denpasar. (Honorable mention)
9. Ivan Gozali, SMA Kanisius Jakarta (Medali perak)

Sementara Tim B terdiri dari:
1. Azzis Adi Suyono, SMAN 1 Cilacap (Honorable mention)
2. Ari Prasetyo, SMAN 1 Sukoharjo (Medali perak)
3. Indra Purnama, SMA Taruna Nusantara Magelang (Medali perunggu)
4. Ridwan Salim Sanad, SMAN 4 Denpasar (Medali perunggu)
5. Chrisanthy Rebecca Surya, SMA Dian Harapan Tangerang
6. Yosmas Putra, SMAK 1 Penabur Bandung
7. Fakhri Saleh Zahedy, SMA Lab School Jakarta.(Honorable mention)

Selamat buat seluruh peserta Tim Olimpiade Fisika Indonesia !!

2 Comments:

At Thu May 31, 02:18:00 PM 2007, Anonymous Anonymous wrote :

Yah, begitulah memang. Bukan cuma gubernur ato pemerintah yang kayak gitu:rakyat dan masyarakat pun juga. Coba tanya sopir angkot kalo Anda naek angkot:"Bang, tau gak siapa juara dunia fisika taon 2006, terus dari skul mana?" Jawabannya pasti sudah bisa ditebak. Terus lihat signature saya itu. Bahkan warga skul pun gak terlalu "apreciate" ama olimpiade sains. Beda kalo prestasinya di basket/bola/futsal (bukan seluruh olahraga) ato band (bukan seluruh seni).

 
At Sat Dec 27, 12:59:00 AM 2008, Blogger kebenaran wrote :

jamu psikologi kunjungi : www.setansatan.blogspot.com jamu memang pahit

 

Post a Comment

<< Home