Masih tentang blue ocean strategy
Summary dari buku Blue Ocean strategy..."Jangan mau bersaing dengan kompetitor...bikin persaingan itu menjadi nggak relevan lagi.."
keluar dari kompetisi persaingan bukan berarti menyerah..tapi keluar untuk membuat sesuatu yang baru ( A new MarketSpace ) dimanan nantinya nilai2 yang sedang disaingi itu menjadi nggak relevan lagi.....
sebenarnya sesuatu apa sih yang diperebutkan oleh kompetitor ?
Market share, competitive advantage, dan usaha2 differensiasi...(berusaha menjadi beda dengan yang lainnya)...
sejak abad 18 sampai sekarang....para pelaku bisnis selalu berusaha mati-matian memperebutkan market share...., melakukan research advancing technology , dan berikir bagaimana caranya menjadi berbeda dengan para pesaingnya....
Berdasarkan study dari 150 strategy moves selama ratusan tahun di 30 indsustry, Kim dan Mauborgne (penulis buku ini) berpendapat bahwa para pemimpin company bisa sukses bukan dengan cara menghajar langsung kompetitornya..., melainkan dengan membuat strategy 'Blue-Oceans'..., membuat market space baru...in terms of value innovation, membuat powerful leaps in value untuk perusahaan dan pelanggannya.... membuat value lama yang ditawarkan oleh kompetitor menjadi basi....dan sekaligus menciptakan demand baru...
Pendekatan sistematis yang dirancang oleh Kim dan Mauborgne dalam membuat blue ocean adalah
1. Reconstruct Market Boundaries
2. Focus on the Big Pictures
3. Reach beyond existing demands
4. Get the Strategic sequence right
5. Overcome organizational hurdles
6. Build Execution into strategy
Blue Ocean Strategy ini ada frameworknya...juga...dan aja toolsnya juga..
antara lain
1. Strategy Canvas
2. Value curve
3. Four Actions Framework
4. Six paths
5. Buyer experience cycle
6. Buyer utility map
7. Blue ocean idea index
Frameworks dan tools ini dirancang secara visual
- untuk memudahkan perusahaan melihat posisi dirinya sekarang ini dan warna persaingan yang sedang terjadi.
- memudahkan perusahan melakukan proses eksekusi strategi yang efektif dan dapat dimengerti oleh seluruh share-holder company.
hmhmhmhm...hmhmhm...tapi ini kan cuma theory......, kalau kelamaan bikin2 rumusan strategis..nanti bisnis nggak jalan dong..., lagian kan situasinya cepet berubah..., kelamaan analisis dan bikin strategi..., nanti malah buang2 waktu..., mendingan kerjain aja projek2 yang udah mau deadline....
well...tapi jangan lupa...ya..buku ini terbuat atas study mendalam mengenai suksesnya para pemimpin bisnis di 30 industry selama kurun waktu 1880-2000....
..... Dibawah ini mungkin merupakan contoh yang umum dan cocok menjelaskan apa itu Blue ocean strategy.....
Dulu disuatu kampus..ada seorang perempuan yang menjadi idola...., semua cowok berlomba-lomba ingin menjadi pacarnya....dengan berbagai cara ditempuh...., ada yang berlomba nraktir/beliin barang2 mahal, nganterin pulang jemput, nguat2in otot, kirim puisi, ngarang lagu untuknya dan sebagainya deh...., sudah pasti cowok yang berkompetisi..tampang, wajah, dompet dan bodynya...oke-oke dong....., tapi nggak disangka ada cowo' yang sama sekali tidak memenuhi syarat baik dari wajah, dompet dan body bisa memenangkan persaingan ini....., Ternyata dialah underdog yang memenangkan persaingan......cowo' culun ini tentunya menerapkan blue ocean strategy...., cowok inji membuat persaingan nilai 'wajah/body/dompet' menjadi tidak relevan lagi.....dia berhasil membuat/create suatu 'nilai inovasi' yang ternyata dibutuhkan oleh sang wanita idola tersebut'......., akhirnya jadilah dia pemenang.....
Kenapa cowo culun itu berhasil mendapatkan idola padahal tampang ancur, dompet kering, otot nggak punya...tapi bisa memenangkan persaingan ?????
"gw sendiri juga nggak tahu .......hehehehe.......", tapi pastinya dia berhasil create 'value' yang dibutuhkan oleh pasar (dalam hal ini perempuan idola kampus)
Dah..jelaskan maksudnya Blue Ocean Strategy....???
0 Comments:
Post a Comment
<< Home