Saturday, January 28, 2006

Blue Ocean Strategy

selama 1 minggu terakhir ini, lagi baca buku BLue ocean strategy : How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant. Dari judulnya mungkin udah bisa bayangin kira-kira isinya seperti apa. Bagaimana caranya membuat suatu situasi baru dimana nantinnya situasi baru tersebut akan membuat persaingan head-to-head antara kompetitor lain menjadi tidak relevan lagi. Dikasih pula contoh-contoh kasus yang terjadi. dulu tahun 1995an waktu jamannya cell phones mulai membooming, inget banget waktu para handset manufactures berlomba-lomba mengecilkan ukuran size productnya. Siapa yang paling kecil dialah yang menang....lalu tiba-tiba muncul cell-phones yang berwarna dan ada gamesnya ...., mulai deh mereka ganti strategi ..dari bikin ukuran kecil, menjadi memperkaya featuresnya...baik dibikin berwarna ditambah ada games, ada radio sampai kemudian muncul cell-phones yang pakai kamera..., rules of the game-nya berubah lagi......semua handset manufacturer mulai bikin feature standard..minimal ada camera dan harus berwarna....., ...beberapa saat kemudian lalu sekarang muncul deh cell-phones sekaligus MP3 player.....
hmhm..jadinya buku blue ocean strategy itu menjelaskan..kalau kita memiliki suatu bisnis yang memaksa kita untuk bersaing head to head dengan kompetitor misalnya ketika kompetitor adu ngecil-ngecilin size ukuran cell-phonesnya..., ngapain juga ikut2an ngecilin ukuran size..., mendingan cari alternatif lain misalnya dengan bikin camera pada cell phonesnya..., nah jelaskan ketika suatu merk cell-phones bikin feature camera, dia sudah berhasil keluar dari lomba adu kecil-2an dan berhasil membuat persaingan membuat paling kecil ukuran cell-phones....menjadi tidak relevan lagi...
jadi inget juga persaingan antara Sony PS3 dan XBox 360 di game consul, lomba memiliki processor paling canggih, graphics paling keren, media penyimpanan paling besar...ditengah-tengah persaingan sony PS3 dan XBox 360...ternyata nintendo nggak mau terjebak ikuta-ikutan ada paling hebat di feature tersebut..., mereka justru sedang membuat research game consol yang controlnya digerakan dengan 'movement' player itu sendir....bukan dengan control biasa yang digerakkan oleh joystick seprti punyanya Sony dan Xbox.
Pokonya secara singikat ...BLUE OCEAN STRATEGY highlights the six principles that every company can use to successfully formulate and execute blue ocean strategies. The six principles show how to reconstruct market boundaries, focus on the big picture, reach beyond existing demand, get the strategic sequence right, overcome organizational hurdles, and build execution into strategy.
memang sih, ini bukanlah suatu konsep yang baru, sebab in my humble opinion, dari jaman mulai terbentuknya era industri..sudah banyak berbagai macam kasus strategy2 blue ocean....di gagas oleh pendatang baru ataupun pemain lama pada bidang industry tertentu..., persaingan bisnis horse-carriage dibuat nggak relevan lagi dengan munculnya mobil Ford...., pengiriman surat berkurang perannya setelah muncul telegram...., lalu telegram digantikan telepon...., telepon digantikan mobile phones...., mungkin nanti digantikan video-phone....lalu digantilagi oleh tele-hologram..., lalu tele-virtual appearance.....dan sebagainya deh...wah..kok jadi berkhayal begini ya....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home