Thursday, April 27, 2006

Kingdom Hearts II

Bah!! tadi pagi uda nulis panjang², eh malah mati lampu.. ya sutra, tak sambung sekarang.. okay, gw ambil judul Kingdom Hearts II.. kenapa? soalnya ini game yang lagi gw maenin akhir² ini.. yah di sela² waktu lembur gw, masih sempet lah gw maenin barang sejam 3 jam di kantor hehe.. cuma resenya save-an gw di memory card extender adek gw ilaaaaaaaaaaang.. NOOOOOOOOOOO!!!! that's 30 hours more gameplay... T_T sekarang terpaksa merana karena harus ulang dari awal lagi.. sempet merasa males sih jadi momen yang pas ini bisa di gunakan untuk lebih memacu kinerja di project Burning Armor Code E gw yang notabene uda mendekati deadline extended which is akhir bulan coy... haiz..

Eniwei, dibawah ini gw post OST nya Kingdom Hearts II yang dapet nemu di situs Final Fantasy Indonesia.. baru tau gw ada situs itu.. mayan lah buat nyari lirik² lagu FF kayanya ada disana semua.. nah kembali ke OST KH II, pertama kali denger adalah pas opening movie sewaktu new game nya dan gw langsung kenalin suara si Utada Hikaru.. kalau dulu pas KH I, opening movie nya disertai lagu yang menghentak yaitu Hikari Remix, maka lagu yang satu ini kayanya lebih slow mellow, lebih mendayu sayu.. mungkin pas juga dengan keadaan game nya yang mana plot cerita KH II lebih kelam dibanding KH I yang lebih mengutamakan keceriaan para karakter² Disney nya.. di KH II, keceriaan itu masih ada, cuma kurang dominan dibanding intrik² nya Heartless, Nobodies, Organization XIII, dan tentu saja para Keyblade Masters.. para? yup.. disini diceritakan kalo ternyata Keyblade itu bukan cuma Sora doank yang bisa pake.. masih ada Roxas yaitu Nobody nya Sora.. nah kalo misalnya Nobody itu adalah bukan siapa², kenapa Nobody itu bisa ada? bingung? sama gw jg.. makanya gw maenin ini game huheueueh..

Yah intinya sih gw demen ama ini game, karena selain bisa melihat aksi Sora, Donal dan Gufi lagi, gw jg emang demen dengan genre game Action RPG seperti ini.. blom lagi battle nya yang interaktif membuat kita ga bakal cuma pake 1 jempol buat neken tombol X doank.. ntar de kalo BACE uda kelar.. gw bakal namatin ini game.. tunggu saja hohoho..

SANCTUARY
Utada Hikaru

In you and I there's a new land,
Angels in flight
My sanctuary, my sanctuary, yeah
Where fears and lies melt away
Music inside
What's left of me
What's left of me now

I watch you fast asleep,
All I fear means nothing

In you and I there's a new land,
Angels in flight
My sanctuary, my sanctuary, yeah
Where fears and lies melt away
Music inside
What's left of me
What's left of me

My heart's a battleground

You show me how to see,
That nothing is whole and nothing is broken,

In you and I there's a new land
Angels in flight
My sanctuary, my sanctuary, yeah
Where fears and lies melt away
Music inside
What's left of me
What's left of me now

My fears, my lies
Melt away...


*ada yang punya mp3 nya?? mau doooooonk hehehehe..

Wednesday, April 26, 2006

IF Coca Cola sponsorship our games

If coca cola sponsorship our games, the skin of our burning armor games could be like this. the games would be distributed freely for anybody. do you think possible to ask coca cola indonesia to sponsorship our games ??

Kumpul Preman

Preman centil yang tidak dapat tidur diam ...
"itunya" selalu goyang ..
Dia berjanji besok malam akan datang ...
bersama preman preman ... menari stripteasan...


bagi yang kenal ama Vina Panduwinata ... atau kenal Delon .. pasti tau lagu Kumpul Bocah kan ... tapi melihat kondisi ku sekarang ini yang melihat 3 orang terkapar dengan gaya arrogant nya ... mau kasih judul Kumpul Bocah pun jadi tidak tega ..

hari ini bangun cukup lumayan pagi ... sekitar jam 5 pagi ... gara2 bunyi AC yang udah mirip helikopter ... dan panas ... kali saja rusak atau freon udah abis ...
melihat wajah anak2 yang masih tidur sambil menganga .. aduh lutu nya ... jarang2 liat wajah mereka yang biasanya seperti preman sekarang seperti preman sedang tidur.

Kukuh yang hari ini tumben tidak memakai selimut dan masker ala counterstrikenya ... panas gitu lho bok ..

Alex yang biasa tidur membentuk gulungan bola ... sekarang tidur dengan menebar sayapnya alias membuka ketiaknya ..

Eric yang masih dengan style yang sama .. baik dingin maupun panas mulut tetap menganga untuk menambah protein yang susah dia dapatkan...

Ngga tau mau ngapain .. ya ngetest Burning Armor code E .. yang sudah mencapai stage 4 ... memang kalo diliat, dirasa, dan dimainkan (3D) ... masih agak susah untuk orang awam .. mungkin untuk tingkat kesulitan yang ini perlu dibikin mode tersendiri ... setelah Hard Mode bakal ada Cin Mode untuk level Newtype...

Tuesday, April 25, 2006

Indonesian Game Style <> MAX Style ?

Sekarang aku mau tanya nih ... game2 style Indonesia itu seperti apa sih benernya ? apa sudah ada platform atau style gambar atau gimana deh yang sampe bisa bikin orang bilang "Nah .. ini game buatan Indonesia ..".

Ceritanya begini ..
tadi kita ada presentasi di Departemen Komunikasi dan Informasi dan bertemu langsung dengan beberapa kabinet atau whatever bilangnya gimana deh .. yang pasti ada Pak Cahyana sebagai Dirjen nya. Ketika dia melihat style2 game dan design yang kita buat untuk game Burning Armor dan kawan-kawannya .. langsung semua pada ngeklaim kalo game2 tersebut bukan buatan Indonesia.. alias tidak percaya kalo yang bikin itu kita.

Well ... buatku sendiri ... bisa menjadi pujian dan bangga karena dianggap game luar negeri yang notabene keren dkk ... bisa juga kita merasa seperti penipu yang membeli game luar dan menjualnya di dalam negeri ...

Sekarang bicara mengenai design dan konsep .. konsep game yang bagaimana yang bisa diartikan itu milik bangsa mana ? memang jaman sekarang game lebih banyak diproduksi oleh Jepang .. dan kedua baru dari Amerika ... game2 dari China dan Korea itu biasanya mengadaptasi Jepang. Game2 China sendiri kita tidak tahu .. atau jarang tahu karena game2 tersebut hanya dipublish di China .. (kalo mau nyari paling deket musti ke Singapore atau Thailand baru dapet).

Design gue sendiri .. terus terang memang lebih ke arah Asia daripada Amrik... (lha wong kita orang Asia juga gitu lho). Bikin karakter orang .. dibilang mirip komik Hongkong ... bikin mecha ama pesawat .. dibilang style Jepang (emang sih .. ngga suka banget mecha Amrik .. kurang keren .. dan ngga ganteng gitu lho). Terus kalo dipikir2 .. adakah style mecha Indonesia ? apakah MURI sudah memberi gelar MECHA PERTAMA INDONESIA jadi kita bisa jadikan sebagai contoh atau panutan ??? (ntar dibilang nyontek lagi .. pusing ngga sih)
Bahkan kalo dibilang karakter2 orang buatan Indo yang selama ini ada .. juga masih terbagi beberapa bagian .. Amerika .. HK ... dan Jepang .. nah lho ...

Terus .. desain2 rumah dan bangunan di Indo ... nyontek siapa sih benernya ? kok masih dipake juga ? muheuhuehuehuehuehuhu

"Dasar Indonesia ... bisanya cuma ngomong ... protes2 ... bakar2 ... naik gaji .. tanya kenapa ??" - Kukuh T.W.

Monday, April 24, 2006

Saga Hobby + Zeta Gundam ver 2.0

Cihuiii ... baru kemaren ini aku beli Zeta Gundam ver 2.0 (Master Grade) seharga Rp.500.000,- (5000 yen) di Saga Hobby (Mangga Dua Square). Ngomong2 soal toko Saga .. emang aku bisa bilang adalah tempat jualan barang2 Jepang yang lebih fokus ke mainan tepatnya ... mulai dari model kit .. resin ... gashapon .. chogokin ... pokoknya komplit ada semua deh ... dan hebatnya .. mereka ngeklaim kalo barang2 mereka asli semua .. alias ngga ada yang bajakan atau palsu ... well .. yang lebih hebat lagi sih .. harganya yang cenderung masuk diakal .. ngga ngomong murah sih .. tapi dibanding dengan toko2 "anime" lain yang ada di indo, it's the best for now.
kalo mau liat barang2nya .. bisa liat di www.sagahobby.com

kembali lagi soal Zeta Gundam ver 2.0, sudah lama sih ngincernya .. dari taon lalu .. bahkan dari sebelum dibuat pun .. udah "nunggu" kapan bakal muncul remake nya dari yang dulu pernah ada taon 1998 (Master Grade juga).. Bisa dibilang ngerakit Zeta Gundam ini termasuk yang paling susah, gara2 dia bisa berubah dari gundam ke mobile armor .. bahasa awamnya dari robot ke pesawat mhuahuahuahuahu. Part-partnya kecil2 ... jadi sakit semua tangan ... dan Zeta yang dulu joint dan pergerakannya masih terbatas ... walaupun udah keren .. juga keseimbangan masih perlu dirubah karena backpacknya sendiri (Wing Binder) terlalu berat. Selain itu yang diincer lainnya adalah Hyaku Shiki yang baru ama Gundam Mk II ver 2.0 juga .. gile keren2 deh ... semua diremake pas dengan munculnya Zeta Gundam the movie yang ada 3 episode...

tapi ngga tau mau ngerakitnya kapan haiz ...
ini aja ada 8 Gundam lainnya masih ngantri buat dirakit ... weleh2 ...

Sunday, April 23, 2006

Hmmm....

Ternyata setelah dipikir² yah.. salah satu cara paling ampuh buat melupakan sesuatu yang membuat ga bisa mikir itu adalah menyibukkan diri dengan kerjaan sampai ga ada kesempatan buat mikir yang lain² lagi.. dengan berbekalkan cara itu, gw akhirnya bisa mulai menapakkan kaki di lantai lagi dan melihat melewati kabut yang menutup mata dan hati.

Jah!!!! whatever lah hoahaohaoha.. eniwei, kembali ketemu dengan gw lagi setelah sekian lama ga nulis di blog kantor.. bukan kenapa sih.. quota abis sih.. maklum.. suka lupa diri kalo ada internet.. jadi ya cepet abis dah.. Burning Armor : Code E.. uda mulai masuk ke tahap desain scenario per stage.. so far sih stage 1 uda kelar.. stage 2 nunggu CnC nya si Cin, trus mulai set stage 3 dan seterus nya.. efek² tinggal nunggu dari si Alex.. mana dia lagi ada kerjaan dari DJP heueheuhee.. sempet ga yah buat ngerjain semua.. blom ada screen shot baru sih jadi sementara tulisan dulu yah.. paling besok pake starone si Kukuh buat aplod aplod foto hahahaha...

OK segini dulu aja lah.. mo balik dulu.. uda dari kemaren sore ga balik kosan.. kangen ama kasur n tidur yang nyenyak.. ciao eperibodi..

Friday, April 21, 2006

Ada LSM yang berminat menyampaikan messages melalui media games PC ?

Dear all, Kami MAX Mobile Application Xpert yang sedang berencana release games PC gratis ke masyarakat umum , berencana untuk menyediakan tempat 'beriklan-gratis' untuk
LSM. target gamer kami adalah casual male gamer berumur 17-30 tahun.

Dalam content game ini, rencananya akan disediakan ruangan untuk suatu LSM dalam menyampaikan komunikasi/messages ke public/masyarakat umum. Kami menyediakan gratis 'ruangan tersebut' untuk 1 LSM yang benar2 berminat.

bagi yang berminat kirim mail ke Kukuh@max-studio.net dan Ricky@max-studio.net

Terima kasih atas perhatiannya

Kukuh TW
MAX Mobile Application Xpert
blogs: http://maxonne.blogspot.com

Thursday, April 20, 2006

Celoteh (Anak) Cemar Tolol - salah satu judul lagu Iwan Fals

tanpa terasa bsok kantor pusat memasuki usianya yg ke-6..... itu menandakan bahwa almamater max sudah kian matangnya dalam dunia pergelutan bisnis yang kian menggila dewasa ini....

mungkin esok akan menjadi renungan untuk max, bagaimana kami akan melangkah....

dibandingkan sang almamater, max belumlah bisa berjalan dengan lancar, masih baru belajar berdiri (itu pun takut² dan sambil dipegangi), saat ini max "hanya" bisa merangkak, namun max memliki indera yang peka, yang mampu melihat, mendengar, dan merasakan perkembangan sekeliling.... namun tetap saja, max perlu bimbingan dan pelajaran mengenai "jatuh-bangun" untuk belajar agar bisa berdiri mantap dan berjalan lancar.....

keakraban dan kekompakan yang menghinggap dalam diri max, menunjukkan bahwa max terdiri dari unsur² yg solid, kokoh, teguh, namun pemikiran max selalu terbuka untuk menumbuh-kembangkan dalam pusara² pikiran dan akal sehat max... semua haru-sedih-tawa max terekam dalam dinding "Basecamp" max yg selalu memberikan perlindungan dikala teriknya panas dan dinginnya hujan...

biarkan unsur² solid itu kian terus mengkokohkan otot, tulang, dan persendian max untuk bisa berdiri dengan tegap, melangkah dengan pasti, dan berkembang untuk bisa memberikan yang terbaik untuk semuanya.....

akhir kata.... terucapkan Selamat Ulang Tahun Ad-Ins yang ke-6, biarkan jejak langkahmu menghiasi perkembangan max untuk bisa memberikan yang terbaik kepada sang almamater.... amin....

========================================================

[CERITANYA TIBA² ADA YG NGASIH COMMENT:]
anonymous : Gile lo lek... tumben banget lo serius ngisi blog nya, biasanya jayus!!

[TRUS CERITANYA LAGI, COMMENT DIATAS GW BALES:]
Alek : gak juga sih mus (panggilan anonymoyus kan 'mus).... buktinya aja... buntut²nya blog gw hari ini... tetep aja ngaco!! masa ada pake "CERITANYA" segala...halahhh....

Monday, April 17, 2006

nemu plagiat di internet

ini sebenarnya bukan masalah besar......hanya sekedar pengambilan gambar tanpa izin lalu diakui sebagai hak milik oleh pemilik website ini http://www.geocities.com/apprillia_smoore/
ada 1 gambar yang sebenarnya milik our company yaitu gambar di link ini http://www.geocities.com/apprillia_smoore/japan.jpg
bandingkan dengan http://max-studio.net
itu adalah character yang digunakan dalam game buruburu, 100% milik MAX, nggak tahu akhirnya kenapa bisa diakui sebagai milik apprillia smoore ? dulu character itu dibuat oleh Irene, lalu dirender oleh Alex dan akhirnya diakui sebagai milik apprillia smoore ???
aneh....

Friday, April 14, 2006

Our gaming software is not only game but also as advertising media

MAX Mobile Application Xpert, sebuah team yang fokus pada pengembangangame pada platform Pocket PC, SmartPhones dan CellPhones, kali ini membuat games untuk platform PC. Programming C++ Dibuat oleh Eric Gunawandan 3D Modelling oleh Hartono Widodo aka Cin, Graphics Design oleh Alex Sukandar. Game akan direlease bulan depan. MAX terdiri dar 5 orang,berlatar belakang teknikal programming, 3D modelling dan design graphics.Setelah merasakan 'keras' dan'sulit' nya berbisnis di industri gaming,maka sejak 3 bulan terakhir kami menemukan “sedikit harapan“ untuksurvive di industri ini dengan cara kolaburasi dengan industri media entertainment dan advertising. Tidak cukup hanya memiliki kemampuanteknikal programming, tapi harus mampu juga memiliki kemampuan non-teknis seperti strategy business, marketing, communication dan Public Relation


1. Game ini akan diedarkan secara gratis, dengan minimal target pengguna 100.000 , target pengguna adalah casual gamer berusia 15tahun s/d 30tahun. distribusi penyebaran melalui media internet, warnet, mall, plaza, sekolah ,toko buku dan majalah dan toko2 komputer.

2. Untuk menutupi cost development, kami bekerja sama dengan
sponsorship. Para sponsor dapat meletakkan logo Brand/produk, animasi
video clip, informasi advertorial dalam game berjudul “Burning armor code
E” ini. Sampai saat ini (14 April 2006) kami masih menerima permintaan
untuk pemasangan advertising pada game ini.


3. Seperti halnya dengan industri media seperti TV yang memiliki
content acara2 menarik dan mampu mendatangkan spot iklan, kami
juga melihat game karya kami sebagai content
unique dan mendatangkan peminat untuk memasang iklan pada game
ini.

Untuk persiapan pola pendistrbusian , kami memerlukan informasi

1. Daftar perusahaan pencetak CD dan cover CD untuk jumlah 1000an
dan Contact Person-nya
2. Contact person toko buku Gramedia, Gunung
Agung, Kharisma. Kami akan mencoba mendekati salah satu dari mereka untuk
bekerja sama mendistribusikan game ini ke pengunjung toko buku
mereka
3. Contact person redaktur majalah yang memiliki target pembaca
berumur 17-30an tahun.
4. Contact person pengelola gedung mall/plasa.
kami akan mencoba untuk memberikan game ini ke pengunjung
mall./plaza
5. Contact person untuk calon pemasang iklan yang berminat
untuk pesan spot iklan/advertorial/videoclip di game ini

bagi pembaca blog ini, dimohonkan bantuannya untuk memberikaninformasi ke Kukuh@max-studio.net atau ricky@max-studio.net

Terima kasih perhatiannya

Wednesday, April 12, 2006

definsi advergaming

Menurut Wikipedia di http://en.wikipedia.org/wiki/Advergaming

Advergaming is the practice of using games, particularly computer games, to advertise or promote a product, organisation or viewpoint.

di Indonesia, sepertinya memang sudah mulai tumbuh kesadaran memanfaatkan media game sebagai sarana marketing/advertising bagi para pemasang iklan baik karena mengikuti trend atapun karena memang sudah melihat manfaat besar dari kegiatan ini.

lebih lanjut lagi

Advergaming normally falls into one of two categories. In the first a company provides interactive games on its websites in the hope that potential customers will be drawn to the game and spend more time on the website , or simply become more product aware

bentuk advergaming inilah yang pernah dikerjakan oleh MAX untuk IndosatM2 dalam memancing calon pelanggan menggunakan akses internet dial-up dan hotspot IndosatM2. Calon pelanggan dapat memainkan game race4win dan berkesempatan memenangkan mobil keren. (info lebih lanjut http://race4win.indosatm2.com)

In the second form games are published in the usual way that are intended to interest the player in the game's subject and cause them to investigate further. The subjects may be commercial, political or educational


nah kalau yang ini juga udah banyak contohnya, bisa diliihat websitenya banjing loncat di http://media-ide.bajingloncat.com/category/advergame/

ini top ten advergaming, coba deh
http://nowincolour.blogspot.com/2006/04/advergaming-top-ten_114460684494265066.html

hmhm..sekarang lagi ingin feedback ini dari siapa aja yang kebetulan baca blog ini.., menurut kalian bagaimana efektivitas penggunaan media game untuk beriklan? bagaimana kelebihannya dibandingkan media TV, radio, Majalah dan Surat khabar ? berapa audience yang bisa dijangkau ? apa parameter yang bisa diukur ? produk2 apa aja yang cocok menggunakan media game ?

sekian dan terima kasih atas commentnya.....

Tuesday, April 11, 2006

ayo download-download lewat telkomsel, im3 dan xl


ayo..boleh mba/mas gamenya dicoba, buat iseng nungguin antrian, kejebak macet dijalan, nungguin hujan berhenti, cocok buat ngabisin waktu pas lagi ujian kuliah..

keterangan download ada disini
http://mgame.boleh.com/index.php

Monday, April 10, 2006

Segelintir Coretan ke Bandung

sabtu 2.30 dini hari waktu indonesia bagian MAX, semua rombongan berangkat menuju Lembah Putikh yg rencananya ksono pengen ngeliat matahari nongol, namun apa daya tiba disana jam 7 pagi, tapi meskipun nyampe sana jam 5 or 6 percuma aje, pasalnya disana lagi diselimuti kabut tebal dan iringan rintik hujan yang cukup deras menerpa wajah bumi Kawah Putikh bagaikan luluhlantak harum semerbak alam nuansa pertiwi (loh loh??).

disana dingin benerrrr, mo napas aja keluar aseppp...gak enak kalo deket orang (gak enak bukan karena keluar asepnya, tapi emang itu mulut lagi bau naga :p), tapi untungnya gak ada sipir/polisi yg lagi patroli disana, kalo gak kita semua bisa ditangkep karen tuduhan merokok sembarangan di tempat umum, padahal kan kita orang mulutnya keluar asep itu bukan karena lagi merokok, tapi karena lagi ngulum biang es :p

tapi gak nyesel juga, ternyata Kawah Putikh itu bener² menyediakan pemandangan yang oke punya, mulai dari warna air belerangnya yg berwarna hijau kebiru²an, atau biru ke hijau²an, hingga ke suasana pegunungannya.... kalo dah liat temapt ekren kayak gitu udah deh, semua naluri narsis anak² jadi keluar semua, alhasil pada poto² disana.

setelah itu berangkat ke hotel di Bandung, tiba jem 12 siang, taroh barang, bla bla bla bentar, lngsng berangkat makan siang di Sapulidi (makan di tengah sawah)... sampe disana pun ke-narsis-an anak² merekah kembali, dan pastinya, poto² terulang kembali (kayak de javu neh)

dari sana langsung berangkat ke ci walk (masih sodaraan ama citos :p), disanag muter² ga jelas..... mo pergi keluar tidak bisa karena hujan dengan rintiknya.... lalu kembali ke hotel, namun malang tak dapat ditolak, hotel masih mati lampu sejak tadi siang check in, tapi tak lama kemudian (1 jam kemudian), lampu itu bersinar kembali menerangi setiap sudut ruangan kamar masing².

setelah mandi, langsung dinner di The Valley, nuansanya oke, tempatnya mewah, pemandangannya hebat, tapi sayang..... mereka gak mampu membeli listrik, wong mo liat menu aje harus liat pake lilin :p

udah dapat ditebak donk gimana buntut²nya kalo ada pemandangan hebat?? yup... poto² (again??)

setelah itu tidur dengan tenang (SIP / Sleep In Peace)... bsok pagi gw berlima kembali ke Jakarta, sementara yg lainnya masih "nyangkut" disana...

bwahahahhaa... udah kayak blog pribadi aja neh...hehehe.... pokonya minggu ini adalah minggu terpadat di MAX, gimana kagak, wong seminggu ini cuma ada 3 hari kerja donak... wakakakak.....

AYO SEMANGAT!! SEMANGAT!! (soalnya bentar lagi ada yg ulang taon)
mwuahahahahaha<< (devil laugh mode ON)

Thursday, April 06, 2006

Kenangan Terindah

Kenangan Terindah
- Samson -

aku yang lemah tanpamu.
aku yang rentan karena, cinta yang tlah hilang darimu
yang mampu menyanjungku.

selama mata terbuka
sampai jantung tak berdetak
selama itu pun aku mampu utk mengenangmu..
dari mu, kutemukan hidupku
bagiku kaulah cinta sejati..

bila yang tertulis untukku adalah yang terbaik untukmu
kan ku jadikan kau kenangan yang terindah dalam hidupku..

namun tak kan mudah bagiku meninggalkan jejak hidupku yang tlah terukir abadi sebagai kenangan yang terindah!

******************************

Lagu ini ternyata bener2 bagus...lirik dan melodinya bagus..format MP3 besarnya 4.2 MB, durasinya 4 Menit 28 detik. it comes to my mind...untuk bikin aplikasi ponsel yang user dapat menyisipkan gambar2 dan video rekaman mereka dalam suatu lagu, jadi seperti membuat video clip pribadi dengan latar belakang lagu ini. teorinya sih seperti ini, software aplikasi ini berfungsi menggabungkan format JPG, 3GP, MP3 menjadi format sebuah MPEG...
awalnya nanti user dapat suatu lagu dalam format MP3, lalu diaplikasi, user diperbolehkan menyisipkan image atau video rekaman dengan syarat, waktu durasi penayangan image dan video mereka tidak boleh melebihi waktu putar lagu tersebut. setelah penyisipan gambar dan video rekaman selesai, mereka compile deh lalu sim salabim keluar dalam bentuk MPEG. nah file MPEG ini nantinya bisa disend ke ponsel pacar mereka atau eks pacar mereka melalui 3G teknologi.

materi research yang perlu dipelajari adalah dokumentasi API dari sistem operasi ponsel, perlu dipelajar APInya untuk menjalankan file MP3, JPG, MPEG dan 3GP. pheww...secara teori sih harusnya bisa...nggak tahu deh prakteknya gimana....tapi boleh kan punya mimpi bikin aplikasi seperti ini....

back to Samson Kenangan Terindah...
lagunya menyentuh sekali...bagus....jadi kebayang rasanya kalau harus pisah sama seseorang sementara masih ada rasa.....cinta sejati ? gw heran dan salut juga sama seniman/musisi. kok masih bisa ya cari ide bikin kata2 puitis, melodi bagus, puisi menyentuh hati..., padahal kan sekarang udah abad 21 ke atas...., dimana orang2 pada umumnya sudah males ngurusin masalah cinta sejati.....sudah hambar....sibuk meniti karir mencari penghidupan lebih baik, mengumpulkan duit buat beli rumah,mobil.., mencari pasangan yang bisa dianggap menaikkan status sosial....., kalaupun sudah punya pasangan tetap, tetap aja cari pasangan selingkuhan yang bisa support materi.......well...mudah2an gw nggak begitu deh....:)

Konsen donk!!! Konsen!!!!

Beberapa ari ini gw kayanya sulit banget konsentrasi. maklum, uda mendekati setaon sejak "kejadian" itu. pikiran jadi suka melayang kemana². keinget cerita² dan kejadian² dulu. saat² penuh suka.. saat² penuh duka.. haiz.. anak² uda pada ngomel nih kerjaan gw ga kelar² huhuhu.. di saat² kaya gini nih gw pengeeeen banget jadi robot yang ga kenal perasaan n lelah biar kerjaan gw kelar.

Seminggu ini kerjaan gw seputar beresin bug² dan balancing Burning Armor Code E. screen shot bisa dilihat di postingan Kukuh di bawah. cukup jelas kan hehe. paling tar kalo uda gw bikin stage 2 ke atas gw post lagi screen shot nya.

Duuuuh kangeeeeeeeen.. napa perasaan ini muncul lagi.. haizzzz.. harus konsen!!!! ayo guys, kalo gw keliatan kaya uda ngelamun ato ngelantur, please please pretty please, gimme a smack in the head..

Tuesday, April 04, 2006

berbicara tentang positioning

kemarin, waktu lagi antri di dokter, gw mikirin mengenai what kind of strategy yang bisa diimplementasikan buat MAX..untuk menghasilkan long term revenue. Sambil baca2 bukunya kotler...gw coba flash back mengenai awal mula berdirinya MAX....dulu..2 anggota pertama MAX adalah Ricky dan Cin...., mereka berdua berniat bikin games untuk pocket pc yang dikasih nama burning armor. dari gambar2 pesawat dan robot buatannya MAX, kelihatan ciri2 animasi dan character gundam robot jepang..., setelah games Burning Armor release di bulan desember 2004, mungkin banyak orang kira itu games buatan jepang...., mungkin nggak ya kalau character / ciri modelling 3d itu dijadikan positioning game2 buatan MAX?...., setelah burning armor direlease, 2 bulan berikutnya muncul game BuruBuru untuk platform pocketPC juga.., tapi kali ini character yang digunakan bukan bercirikan robot gundam melainkan charater binatang2 seperti babi, tikus dan sebagainya. Game buruburu ini ditujukan untuk gamer perempuan, jadi kesan feminisnya kuat sekali. Lalu gimana positioningnya MAX kalau character yang digunakan untuk gamenya berubah dari style gundam ke style feminis...?. Seteleh itu, muncul lagi game2 dan project lainnya antara lain tawaran bikin mobile content application untuk Nokia 6111. nah, dari bikin game sekarang kita beralih bikin aplikasi untuk ponsel, lalu positioningnya berubah lagi dong dari bermain di dibikin game di Pocket PC berubah menjadi bikin2 aplikasi untuk ponsel.

selepas project dari Nokia, kita dapat tawaran lagi untuk bikin game untuk IndosatM2 yang diperlukan untuk kegiatan marketing/promo product dial-up dan hotspot Internet service mereka. lagi-lagi positioningnya berubah menjadi advergaming provider yaitu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan game untuk keperluan advertising/marketing. Disaat bersamaan itu kita juga dapat projek bikin official games untuk film Ekspedisi Madewa. nah sekarang gw berpikir mengenai positioning sebagai bagian dari strategi manajemen. haruskah dari awal, MAX membuat positioning yang jelas?, kita dulu pernah sepakat ketika meeting, bahwa saat ini sebaiknya hajar aja dulu kemungkinan yang ada, dari segala kemungkinan yang ada itu nanti dilihat, mana yang lebih memberikan profit/revenue yang menguntungkan, itulah yang akan dipilih sebagai our core business kita.....

setelah beberapa bulan dari kesepakatan itu, sekarang gw merasa bahwa ada 2 sumber potential yang bisa menjadi core business yaitu

1. advergaming : menjadi perusahaan penyedia jasa promo/marketing dengan games application sebagai tools/media-nya. posisi MAX disini seperty advertising/marketing agency yang menggagas konsep2 advertising/marketing. Beda dengan marketing agency adalah kalau mereka menggunakan media majalah, radio, TV Commercial dan sruatr khabar, disini MAX menggunakan media Games PC, online Games, CellPhones Games dan berbagai variannya.

2. mobile content developer: menjadi perusahaan yang berfokus pada penyediaan aplikasi content untuk handset manufactures ataupun content provider. Ggw yakin sekali bahwa indonesia kekurangan content lokal baik games ataupun aplikasi. Tapi dari sisi businessnya, gw masih meragukan revenuenya apakah hanya bisa sekedar menutupi operational cost atau masih bisa berkembang lebih jauh lagi...

2 alternatif strategi lain yaitu

1. Make and Sell..strategi yang dulu pernah kita gunakan yaitu bikin game a'la mass product juga masih dilakukan sampai sekarang. saat ini kita juga lagi develop burning armor code E. bedanya kali ini kita berusaha bikin di banyak platform antara lain pocketpc, smartphones, cell-phones dan PC. khusus di versi PC, kita mau sebarkan gratis asalkan ada sponsor yang bersedia backup development costnya, kompensasinya kita sediakan ruangan untuk memperkenalkan brand/product sponsor pada game yang kita buat.

2. Partnership project. Kalau ini strategi bikin game sama beberapa pihak, dimana masing2 sementara menanggung development cost. Profit nantinya diharapkan datang dari sponsor dan end user. skema bisnis model seperti ini juga lagi kita godok konsep. Sampai sekarang kami terbuka untuk menerima bantuan partisipasi dari berbagai pihak untuk ikut kerja sama dan mencari profit/revenue bersama.

Diluar itu, sebenarnya kita masih punya suatu idealisme untuk membuat MMORPG online games dan film animasi, tapi menurut gw, tahap membuat masterpiece ini membutuhkan modal besar baik SDM maupun costnya.., belum bisa diwujudkan apabila persediaan amunisi SDM dan budget masih kecil..., but someday, somehow..we can do that...

kembali ke masalah positioning...., kalau kata para pakar, positioning itu mutlak diperlukan agar ktia sendiri tahu what business we are in...dan bisa straight to focus, jangan sampai nanti akibat positioning berubah-ubah malah terjebak ke style mee-too, yaitu strategy ikut2an...pemain lain...

Game PC sebagai Media Advertising



pernah kepikiran nggak sih kalau game PC itu bisa dimanfaatkan sebagai media advertising, persis halnya dengan TV, Radio, Majalah ataupun koran ?..saat ini Eric sedang dalam proses pembuatan game Burning Armor Code E versi PC...., kita menerima kesempatan bagi siapa aja untuk pasang iklan di game ini... target gamer kita adalah male - casual gamer berumur dewasa 17-30 tahunan...jadi kalau produk/brand anda memiliki target pasar dengan karakteristik seperti itu, pastinya cocok deh buat taruh logo/brand/product information lewat game ini. Nantinya kita buat game ini dalam 4 versi platform yaitu PC, PocketPC,SmartPhones dan CellPhones. Khusus untuk versi PC mau disebarkan gratis.., tapi untuk versi mobile devicesnya...kita mau jual di tempat biasa (internet retail)...